Rabu, 13 April 2011

LDKS ( LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA ) OSIS MAN MARIORIAWA KAB. SOPPENG



Untuk mewujudkan siswa/siswi yang aktif, kreatif, dapat berpikir cermat, cepat, tepat dan tanggap terhadap segala persoalan yang dihadapi juga untuk  mengenal bagaimana cara dalam berorganisasi dan bagaimana menjadi seorang pemimpin  yang baik ditengah-tengah masyarakat atau bernegara. Untuk maksud tersebut, MAN Marioriawa Kab. Soppeng, menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa  ( LDKS )  bagi pengurus OSIS periode 2010/2011 beserta perwakilan tiap – tiap kelas yang berjumlah 23 siswa. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 4 – 6 Maret 2011. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan hari libur nasional ( Hari Raya Nyepi ).
LDKS ini dibuka secara resmi oleh Kepala MAN Marioriawa Kab. Soppeng, Dra. Sinar. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini selain untuk mengisi waktu libur siswa dengan kegiatan yang bermanfaat, juga merupakan salah satu syarat bagi calon pengurus OSIS periode berikutnya. Sebagai bekal siswa/siswi khususnya pengurus OSIS sebelum memulai sepak terjangnya sebagai pengurus , setiap anggota pengurus diwajibkan untuk mengikuti   LDKS. Sedangkan tujuan dari LDKS adalah untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan dalam berorganisasi yang lebih baik kepada anggota baru pengurus OSIS yang sudah terbentuk. Sehingga mereka dapat menjalankan organisasi sekolah tersebut sesuai dengan fungsinya. Pada kegiatan ini siswa di berikan pembekalan oleh Bapak / Ibu guru berupa materi –materi yang menyentuh dan dibutuhkan dalam melaksanakan tugas sebagai pengurus OSIS.
Pada hari pertama, diberikan materi Tata Cara Memimpin Sidang.  Materi ini dibawakan oleh Bapak Husni Rasyid, S. Kom. Dalam materi ini, para peserta diberikan praktek memimpi  sidang, cara menggunakan palu sidang serta simulasi menyelesaikan masalah jika terjadi dead lock dalam persidangan.
Selanjutnya pada hari kedua, diawali dengan materi Tata laksana Upacara Bendera yang disampaikan oleh Bapak Muh. Islam, S.Kom. kemudian dilanjutkan dnegan materi Kepemimpinan yang dibawakan oleh Bapak Muh. Yunus, M. Pd. I. Pada materi ini selain bersifat teoritis, pemateri juga memberikan beberapa games kepada para peserta. Setiap selesai satu babakan games, pemateri menjelaskan maksud dan tujuan games tersebut, yang pada intinya merupakan cara melatih kerja sama, kekompakan serta kepemimpinan peserta.
Salah satu materi pada hari kedua ini yang tak kalah pentingnya adalah Teknik Persuratan dan Pengadministrasian Dokumen. Materi ini dibawakan langsung oleh Ibu Hj. Syarifah Asma, S.Pd yang merupakan guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Yang sangat ditekankan oleh pemateri adalah tata cara membuat surat resmi. Setelah memberikan beberapa teori, para peserta kemudian langsung mempraktekkan membuat surat resmi.
Setelah pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah, dilajutkan dengan materi keprotokoleran yang dibawakan oleh Bapak Sukardi Mustafa, M.Pd.I. Para peserta diajarkan cara menyusun susunan acara dan teknik membawakannya. Selanjutnya materi terakhir dihari kedua ini adalah Mekanisme Kerja OSIS yang dibawakan oleh ibu Mihrang, S. Ag yang merupakan pembina OSIS MAN Marioriawa. Pada materi ini, Ibu Mihrang S. Ag. Menjelaskan bahwa OSIS merupakan wadah siswa dalam mengembangkan segenap potensi dan kreativitasnya. Para pengurus OSIS hendaknya mampu menyerap dan mengakomodasi  aspirasi teman – temannya.
Pada hari terakhir pelaksanaan LDK ini, diisi dengan materi Teknik penyusunan Proposal kegiatan yang dibawakan oleh Mukhlis Sabir, S. Ag. Pada materi ini, pemateri menjelaskan kerangka penyusunan proposal kegiatan yang dilanjutkan dengan praktek menyusun proposal kegiatan yang dilakukan secara berkelompok.
Materi yang tak kalah hebohnya adalah materi yang disampaikan oleh Bapak Amril Amin, S.Pd.I. Beliau membawakan materi, OSIS MAN Marioriawa, Dulu, Sekarang dan Di Masa Mendatang. Tokoh muda ini banyak bercerita tentang pengalamannya waktu menahkodai OSIS MAN Marioriawa periode 2002 / 2003 silam. Pengalaman – pengalaman inilah yang dibagi kepada para peserta LDK dengan harapan bahwa pengurus OSIS periode sekarang dan yang akan datang bisa lebih baik, lebih kreatif dalam membuat program kerja yang up to date.
Materi terakhir dalam pelaksanaan LDK ini adalah Manajemen Organisasi yang dibawakan oleh Bapak H. Ma’ruf, S. Pd. I. Guru muda yang dikenal familiar ini banyak berbagi pengalaman dengan para peserta tentang pengalamannya waktu menjadi Ketua IMPS  ( Ikatan Pelajar Mahasiswa Soppeng ) Komisariat IAIN Alauddin ( Sekarang UIN ). Beliau menyampaikan bahwa kegagalan suatu organisasi biasanya diawali oleh sifat arogan pimpinannya. Selain itu beliau juga banyak memberikan trik – trik bagi calon pemimpin OSIS ini bagaimana  memenej suatu organisasi sehingga dapat memaksimalkan segenap potensi yang dimilikinya.
Diakhir kegiatan, panitia pelaksana melaksanakan evaluasi kegiatan dengan meminta saran dan tanggapan peserta terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Dari hasil evaluasi ini diketahui bahwa kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para peserta terutama memupuk rasa kepercayaan diri serta cara berfikir kritis terhadap setiap permasalahan. Beberapa peserta memberikan masukan agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan untuk periode kepemimpinan OSIS berikutnya dengan menambahkan beberapa materi yang sifatnya praktis, semisal dinamika kelompok, problem solving dan kegiatan out bound.
Diakhir acara, Ibu Sriana, S.Pd selaku panitia pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana tanpa kendala yang berarti. Dalam sambutan penutupannya, Kepala MAN Marioriawa menyampaikan bahwa kegiatan LDKS ini hendaknya bisa memotivasi siswa untuk terus kreatif dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan kepengurusan OSIS. Disamping itu, beliau menjelaskan lebih lanjut bahwa kegiatan organisasi hendaknya mampu mendukung prestasi siswa di sekolah bukan malah menjadi halangan bagi siswa untuk tidak berprestasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar